Rapat Kerja MKKS SMA Kab. Bombana

Ditulis oleh
(0 penilaian)

 

 

Rapat Kerja MKKS SMA Kab. Bombana

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah disingkat MKKS merupakan forum perkumpulan kepala sekolah dalam satu gugus wilayah. Anggotanya terdiri dari kepala-kepala sekolah negeri dan swasta dalam satu wilayah. Di dalam satu wilayah terdapat satu MKKS. MKKS tidak terikat secara struktural pada lembaga pendidikan lainnya, tetapi pengawasannya dilakukan secara berjenjang melalui pengawas sekolah di satu tertentu.

Organisasi bersifat kekeluargaan dan tidak dalam rangka korporasi atau untuk mengambil keuntungan dari perhimpunan. Keanggotaan bersifat tetap dan tidak mengikat. Keanggotaan bersifat individual tetapi mengikat pada sekolah dan guru yang mengajar di dalamnya.

Koordinasi MKKS meliputi KKG atau kelompok kerja guru pada tingkatan sekolah dasar dan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) pada tingkatan sekolah lanjutan menengah dan atas. MKKS berfungsi pula sebagai perpanjangan kepala sekolah menanggapi kebijakan pemerintah dan implementasinya di sekolah, misalnya dalam hal kebijakan penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). MKKS bersinergi dengan Komite Sekolah yang merupakah wadah orangtua siswa untuk dapat sumbang hal materiil maupun non materiil berkaitan dengan mutu penyelenggara satuan pendidikan di tingkat sekolah.

MKKS biasanya memiliki program-program jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Program ini disusun dalam rapat kerja dan koordinasi kepala sekolah yang biasanya diadakan di awal tahun pembelajaran. Dalam rapat kerja dan koordinasi ini akan ditetapkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga pada wadah ini. Program disusun berdasarkan keperluan zaman dan tema kekinian. Program MKKS tidak hanya meliputi pengembangan manajerial, tapi juga pengembangan mental spiritual, motivasi dan pengawasan pembelajaran atau supervisi pembelajaran. MKKS juga memiliki program-program kemitraan yang bekerjasama dengan dinas pendidikan yang telah dikoordinasikan secara tahunan melalui rapat koordinasi.

Kali ini Rapat Kerja MKKS dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bombana Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana, yang dihadiri oleh Kepala Seksi SMA Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana Bapak Asmadi, S. Sos, beserta Kepala TU Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Bapak Dahril, S.Pd  dan Seluruh Kepala Sekolah SMA Kabupaten Bombana. Dalam pertemuan rutin tersebut, forum memateraikan tentang sosialisasi PMM Merdeka Mengajar, MGMP, Sosialisasi SKP dan Persiapan Lomba Olahraga dan Seni antar SMA .

idin

Maju Bersama Hebat Semua

https://www.sman03bombana.sch.id

Tinggalkan komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.